Contoh
Studi Kasus PT. Astra Graphia Information Technology (AGIT) adalah contoh studi
kasus perusahaan yang menerapkan sertifikasi ISO/IEC 20000
Profil singkat AGIT
1. Company Name : PT.
Astra Graphia Information Technology
2. Country :
Indonesia
3. Certified Under :
The APM Group
4. Version of ISO/IEC
20000 : 2011
5. Certification
Status : Issued
6. Certification Start
Date: 03 Sep 2013
7. Certification
Expiry Date : 02 Sep 2016
8. 8 RCB Certified by
: British Standards Institution
9. The Scope of the
certification is : IT SMS that supports the provision of IT Services
(Colocation, Helpdesk and CCTV) to AGIT's internal and external customers,
including the IT Infrastructure operational support from its sites in Jakarta
(Sudirman, Kramat and TB Simatupang)
10. The Location covered by the certification
is : ANZ Tower, 22nd floor, JL. Jenderal Sudirman Kav. 33A Jakarta 10220
Indonesia
Sejarah singkat AGIT
1. 1971 : Mulai
beroperasi pada tahun 1971 sebagai divisi Xerox di PT. Astra International.
2. 1976 : PT. Astra
Graphia berdiri sebagai badan hukum (perseroan).
3. 1983 : Memasuki
bisnis TI dengan ditunjuknya sebagai distributor eksklusif Digital Equipment
Corporation. USA.
4. 1989 : Menjadi
perusahaan publik dengan mencatatkan sahamnya di BEJ dan BES.
5. 2004 : Membentuk
kemitraan strategis dengan SCS atas unit bisnis IT Solution menjadi PT. SAT
(49% saham dimiliki Astragraphia).
6. 2008 : Melakukan
akuisisi 50.99% saham PT SAT dari SCS, kepemilikan saham Astragraphia menjadi
99.99%.
7. 2010 : Unit bisnis
Solusi Dokumen (AGDS) mencapai pendapatan bersih Rp 1 Triliun pertama.
8. 2011 : AGIT JV
dengan Monitise Asia Pacific Ltd, HongKong, membentuk PT. AGIT Monitise
Indonesia
Sertifikasi AGIT
Pada tahun 2013, Manajemen Pengendalian
Mutu dan Keselamatan Kerja AGIT telah menunjukkan komitmennya dalam melakukan
perbaikan secara berkala yaitu dengan melakukan uji sertifikasi menggunakan
standar ISO 9001 dan OHSAS 18001. Selain itu, pada tahun 2013 AGIT berhasil
lulus dalam sertifikasi ISO/IEC 20000-1, yaitu Service Management. Sertifikasi
ini semakin melengkapi kompetensi AGIT untuk menjaga kualitas mutu dan layanan,
setelah sebelumnya juga telah lulus uji sertifikasi ISO/IEC 27001 yang
menunjang prosedur keamanan infrastruktur teknologi informasi di Data Center.
Sementara itu untuk segmen usaha teknologi informasi dan komunikasi, AGIT menggunakan
Customer Satisfaction Index (CS Index) untuk mengukur kepuasan pelanggan. Pada
akhir tahun, AGIT mencapai CS Index 3,96 dari skala 19 5.
Hal ini membuktikan bahwa CSC AGIT
memberikan kualitas layanan yang sesuai dengan sertifikasi ISO 20000:1 untuk
layanan pelanggan, layanan hosting dan layanan CCTV. Selain itu, CSC AGIT
melakukan implementasi aplikasi Services Desk yaitu alat untuk pencatatan semua
keluhan pelanggan sehingga tim Helpdesk dapat memantau tahap penanganan
pengaduan yang diterima. Berdasarkan annual report 2013, AGIT telah memenuhi
syarat dan telah membuktikan bahwa AGIT mampu berkompetensi di bidang ITSM
secara global atau internasional, sedangkan melalui analisa R.Purwedi Darminto
yang menjabat sebagai Section Head of Oracle Development, Oracle Partners
Ecosystem and Project Delivery at Astragraphia Information Technology, AGIT
telah mengalami banyak kemajuan semenjak memegang ISO/ICE 20000-1 dan ISO
27001, dan pada gambar 6 di bawah merupakan hasil analisis yang dipaparkan oleh
beliau atas sertifikasi ISO/IEC yang diperoleh oleh AGIT.
dipaparkan bahwa AGIT Business Strategy
mengalami peningkatan dari tahun 2011 hingga 2014, diperkirakan lagi bahwa pada
tahun 2015 akan melebihi ekspektasi atau sesuai pada strategi awal.
Saat ini, manajemen seperti ini sudah dapat
dipaparkan dalam bentuk yang lebih tersetruktur dengan menggunakan manajemen
teknologi informasi (ITSM) dan juga manajemen keamanan informasi (ISMS). Pada
setiap manajemen ini, terdapat beberapa standar sendiri yang digunakan, dalam
hal ini adalah ISO/IEC 20000 untuk ITSM. Standar ini sudah bertingkat
internasional, sehingga tidak diragukan lagi keakuratannya. PT. Astra Graphia
Information Technology adalah salah satu perusahaan yang sudah menerapkan
standar ISO tersebut.
Pandangan saya terhadap kasus
tersebut saat ini manajemen ini sudah dapat dipaparkan
dalam bentuk yang lebih terstruktur. pada manajemen ini terdapat beberapa
standar yang digunakan, dalam hal ini adalah ISO/IEC 20000 untuk ITSM. standar
ini sudah tingkat internasional, sehingga sudah dipastikan akurat.
setelah itu AGIT berhasil lulus dalam sertifikasi ISO/IEC
20000-1, yaitu service management. hal ini membuktikan bahwa CSC AGIT
memberikan kualitas layanan yang sesuai dengan sertifikasi ISO 20000:1 untuk
layanan pelanggan, layanan hosting dan layanan CCTV.
Sumber :
http://suntoryota.blogspot.co.id/2016/04/itsm.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar