Rabu, 16 November 2016

Jelaskan apa itu SEO, SEM, SMM, SMO

Pengertian SEO

SEO singkatan kata dari Search Engine Optimization, yakni sebuah proses atau kampanye untuk mendorong peringkat sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari, entah itu metode alami maupun dibayar. Kampanye SEO bakal berjalan mulus jika website menganut beragam elemen yang “disukai” oleh mesin pencari. Selain itu perlu ditopang dengan ketepatan pemilih kata kunci (keyword) yang minim pesaing.
Memenangi SEO perlu menaklukan dua area dasar untuk mendorong peringkat di hasil penelurusan, yakni on-page dan off-page. Optimasi on-page terpusat pada beragam elemen website yang menyokong sebuah laman web seperti gambar, konten tekstual dan kode HTML. Sedangkan optimasi off-page terpusat pada penyebaran lebih banyak backlink yakni tautan (link) menuju website yang sedang dioptimasi.
Selain on-page dan off-page, ada tiga metode SEO yang berpengaruh pada peringkat hasil penelusuran mesin pencari yaitu: white hat, black hat dan gray hat. Jika ingin website lebih disukai oleh Google dan sejenisnya, pilih white hat ketimbang black hat. Namun sebagian perusahan jasa SEO justru menawarkan metode gray hat dimana harganya lebih terjangkau ketimbang white hat.

Pengertian SEM

SEM singkatan kata dari Search Engine Marketing adalah tipe internet yang berhubungan dengan riset, submit dan posisi dari sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari demi meningkatkan jumlah pengunjung, entah itu alami atau berbaar, SEM bukan sekedar SEO biasa melainkan turut mengusung beragam elemen penting untuk memperoleh trafik lebih banyak, yakni riset kata kunci, analisis kompetitif, posting berbayar (paid listing) dan sejumlah layanan dari mesin pencari.
SEM punya jangkauan lebih luas ketimbang SEO. Jika tujuan utama SEO memperoleh hasil penelusuran lebih baik di mesin pencari, maka SEM bertujuan memperoleh pengunjung tetarget dari mesin pencari melalui iklan berbentuk link pada hasil penelusuran selain pencarian alami untuk memperoleh pengunjung tertarget menuju website.

Pengertian SMM

SMM singkatan kata dari Social Media Marketing merupakan sebuah metode gratisan atau berbayar untuk memperoleh trafik tertarget menuju website dengean mengandalkan Facebook, Twitter, Linkedln, Pinterest, Youtube, Google+ dan jaringan social media lainya. Bisa dikatakan bahwa SMM merupakan upaya dongkrak “nilai jual” sebuah website melalui social media, entah itu gratisan atau berbayar via pemasangan iklan.
SMM terbagi menjadi dua area dasar yakni Social Media Optimization (SMO) dan Social Media Advertising (SMA). Tujuan utama SMO yaitu meningkatkan jumlah trafik tertarget menuju website melalui aktivitas social di dunia maya seperi blogging, tulis update status di social media, terlibat diskusi grup, social bookmarking, viral, manajemen reputasi online, polling atau rating pengguna, feedback, tombol sharing dan penggunaan situs berbagi foto dan video.
Sedangkan tujuan utama SMA yaitu meningkatkan jumlah trafik tertarget sebuah website melalui layanan iklan dari jaringan social media. Metode ini mewajibkan pemilik website membayar layanan agar iklan promosi muncul di laman social media seluruh pengguna demi dongkrak “nilai jual” dan pengikut (follower).

Pengertian SMO

SMO singkatan kata dari Social Media Optimization, yakni sebuah metode meningkatkan jumlah trafik tertarger menuju website via aktivitas social media. SMO bisa dikatakan sebagai proses meningkatkan ksadaran pengguna internet terhadap produk, merek atau promosi event via layanan social media beserta komunitas untuk publisitas secara viral.

SMO melibatkan penggunaan RSS feed, situs bookmarketing, social media, situs blogging dan sharing video/photo. Secara garis besar SMO serupa SEO, yakni bertujuan menggiring trafik menuju website. Akan tetapi metode ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Social Media Maketing.


Sumber: https://www.seon.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar